Jumat, 16 Januari 2015

soft skill SIP_2 Dheny Tiyan Irawan 18511078

NAMA : DHENY TIYAN IRAWAN
NPM : 18511078
KLS : 4PA09
A. Pengertian arsitektur komputer
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache,RAMROMcakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von NeumannCISCRISCblue Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:
  • Set instruksi (ISA)
  • Arsitektur mikro dari ISA, dan
  • Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.
Bagaimana pengertian arsitektur komputer
Jadi yang dimaksud arsitektur komputer adalah suatu konsep dasar merancang atau perencanaa tentang bagaimana seseorang menjalankan sistem komputer dengan memahami tentang bagai mana suatu interkoneksi antara komponen-komponen perangkat keras sebuah komputer agar dapat berfungsi dengan baik.
B. Struktur Kognisi Manusia
Kata kognisi berasal dari Istilah Latin: cognoscere, “tahu”, “untuk konsep” atau “mengenali” mengacu pada kegiatan untuk memproses informasi, menerapkan pengetahuan, dan perubahan preferensi. Kemudian kognisi dapat didefinisikan sebagai proses bagaimana manusia melihat, mengingat, belajar dan berpikir tentang informasi. Penggunaan istilah bervariasi di berbagai disiplin ilmu, misalnya dalam psikologi dan ilmu kognitif, biasanya mengacu pada pandangan pengolahan informasi fungsi psikologis individu. Selain definisi tadi, ada definisi lain tentang kognisi yaitu kognisi adalah sesuatu yang dipercaya dapat mempengaruhi sikap kemudian mempengaruhi perilaku atau tindakan mereka terhadap sesuatu, Kemudian berkembang menjadi kepercayaan seseorang tentang sesuatu yang didapatkan dari proses berpikir tentang seseorang atau sesuatu. Proses yang dilakukan adalah memperoleh pengetahuan dan memanipulasi pengetahuan melalui aktivitas mengingat, menganalisis, memahami, menilai, menalar, membayangkan dan berbahasa.Kapasitas atau kemampuan kognisi biasa diartikan sebagai kecerdasan atau inteligensi.
Bagaimana Struktur Kognisi Manusia
            Jadi struktur kognisi manusia adalah Suatu proses berfikir terstuktur atau sistematis didalam otak manusia dalam mengelolah informasi yang didapat sehingga dapat mempengaruhi sikap,perilaku ataupun tindakan manusia tersebut terhadap suatu hal.
C. Kaitannya antara Struktur Kognitif Manusia dan Arsitektur Komputer
            Hubungan antara arsitektur komputer dan kognisi manusia yang pertama adalah dalam penyusunan perangkat komputer (software dan hardware) dalam proses arsitektur komputer. Dapat dilihat dari definisi arsitektur komputer itu sendiri yaitu merupakan ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya. Jelas bahwa fungsi-fungsi kognitif manusia sangat diperlukan agar dapat berfungsi sesuai dengan kebutuhan tertentu.Arsitektur komputer sendiri juga mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program. Kemudian hubungan yang kedua yaitu secara disadari atau tidak keduanya menjalankan proses yang secara garis besar sama yaitu proses mengolah informasi. Fungsi-fungsi seperti pengenalan pola, atensi, kesadaran, belajar, memori, formasi konsep, bahasa/pemahaman, hingga digunakan untuk pemecahan masalah ada pada keduanya meskipun di”jelaskan” dengan istilah yang berbeda.
D. Kaitan antara struktur kognitif manusia dan arsitektur komputer.
Dalam hal ini keterkaitan antara struktur kognisi manusia dan arsitektur komputer sangatlah erat kaitannya karena komputer dan kognisi manusia mempunyai suatu kesamaan seperti menerima (receives), menyimpan (storage), menarik (retrieves), mentranformasi (transforms), dan mentransmisi informasi (transmits). Dalam mempermudah pekerjaannya manusia, melakukan berbagai upaya pengembangan teknologi untuk berbagai bidang aktivitas dan kebutuhannya.Dewasa ini teknologi yang mampu mempemudah pekerjaan manusia baik dalam bentuk pekerjaan yang mengandalkan kontribusi langsung dengan kemampuan berpikir (mengolah data dll), juga pekerjaan yang berhubungan dengan tenaga (pemograman mesin produksi) adalah komputer.Komputer dapat menyimpan dan memproses data sesuai dengan kebutuhan penggunanya, yaitu manusia. Perbedaannya adalah pengetahuan yang ada dalam otak manusia merupakan hasil dari proses perkembangan kognitif manusia tersebut. Pengetahuan bagi manusia dapat digantikan dengan nama program bila pada komputer dan program pada komputer adalah hasil ciptaan manusia.
Bagai mana menjelaskan dan memahami kaitan antara struktur kognitif manusia dan arsitektur komputer.
Arsitektur komputer dan kognitif manusia sama-sama mempunyai alur yang untuk mengelolah informasi , dan sama-sama memiliki komponen – komponen yang berfungsi agarpengelolaan informasi tersebut dapat berjalan dengan baik , seperti kognisi manusia membutuhkan fungsi bagian-bagian otak untuk membuat proses kognisi berlangsung sedangkan komputer membutuhkan perangkat perangkat seperti CPU dll agar sistem komputer dapatberjalan secara fungsional.
D. Kelebihan dan kekurangan Arsitektur komputer dibandingkan struktur Kognitif Manusia.
Kelebihan dan kekurangan dari arsitektur komputer, yaitu :
Kelebihan:
1. Memiliki processor yang berjumlah lebih dari satu
2. Bisa digunakan oleh banyak pengguna (multi user)
3. Dapat membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan
4. Kecepatan kerja processornya hingga 1GOPS (Giga Operations Per Second)
Kekurangan:
1. Karena ukurannya yang besar, maka diperlukan ruangan yang besar untuk menyimpannya.
2. Harganya sangat mahal
3. Interface dengan pengguna masih menggunakan teks
4. Membutuhkan daya listrik yang sangat besar
5. Membutuhkan User ( manusia) agar dapat berfungsi
Kelebihan dan kekurangan dari struktur kognisi, yaitu :
Kelebihan :
  1. Struktur kognisi lebih sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas
  2. Banyak memberi motivasi agar terjadi proses belajar
  3. Mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimal


Kekurangan :
  1. Membutuhkan waktu yang cukup lama
  2. Terkadang sulit mengaplikasikannya dikehidupan sehari-hari, karena tergantung individu masing-masing dalam mengoptimalkan cara berpikir mereka
Contoh kasus tentang kognisi manusia dan arsitektur komputer
Sama seperti kognisi manusia arsitektur komputer punmemiliki sistem atau proses yang sama dalam mengelolah data atau informasi contoh nya ketika manusia sedang belajar sistem kognisis manusia pertama akan menerima materi yang sedang kita pelajari lalu setelah itu akan menyimpannya kedalam memori otak manusia ( short term memory atau long term memory) lalu setelah di simpan dalam memori di otak jika kita membutuhkan informasi yang tadi telah disimpan kita dapat  memanggil kembali (retrieval) informasi atau data yg tadi telahkita simpan di otak, Sama seperti yang ada dalam arsitektur komputer kita mengiput data aatau informasi lalu menyimpan data tersebut (save) dalam memory komputer lalu jika kita membutuhkan informasi atau data itu kembali kita bisa membuka nya kembali dalam bentuk file yang telah kita save tadi .
Daftar Pustaka :
http://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur_komputer
http://suari-adiwenawati.blogspot.com/2014/10/arsitektur-komputer-dan-struktur.html
http://sharahsepingganiswr.blogspot.com/2014/10/keterkaitan-kelebihan-dan-kelemahan_28.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar