NAMA : DHENY TIYAN IRAWAN
NPM : 18511078
Artificial
Intellegence
A. Sejarah
Program
AI pertama yang bekerja ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark
I di University of Manchester (UK): sebuah program permainan naskah yang
ditulis oleh Christopher Strachey dan program permainan catur yang ditulis oleh
Dietrich Prinz. John McCarthy membuat istilah "kecerdasan buatan "
pada konferensi pertama yang disediakan untuk pokok persoalan ini, pada 1956.
Dia juga menemukan bahasa pemrograman Lisp. Alan Turing memperkenalkan
"Turing test" sebagai sebuah cara untuk mengoperasionalkan test
perilaku cerdas. Joseph Weizenbaum membangun ELIZA, sebuah chatterbot yang
menerapkan psikoterapi Rogerian. Selama tahun 1960-an dan 1970-an, Joel Moses
mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan simbolis untuk mengintegrasikan masalah
di dalam program Macsyma, program berbasis pengetahuan yang sukses pertama kali
dalam bidang matematika. Marvin Minsky dan Seymour Papert menerbitkan
Perceptrons, yang mendemostrasikan batas jaringan syaraf sederhana dan Alain
Colmerauer mengembangkan bahasa komputer Prolog. Ted Shortliffe
mendemonstrasikan kekuatan sistem berbasis aturan untuk representasi
pengetahuan dan inferensi dalam diagnosa dan terapi medis yang kadangkala
disebut sebagai sistem pakar pertama. Hans Moravec mengembangkan kendaraan
terkendali komputer pertama untuk mengatasi jalan berintang yang kusut secara
mandiri.
Pada
tahun 1980-an, jaringan syaraf digunakan secara meluas dengan algoritma
perambatan balik, pertama kali diterangkan oleh Paul John Werbos pada 1974.
Tahun 1990-an ditandai perolehan besar dalam berbagai bidang AI dan demonstrasi
berbagai macam aplikasi. Lebih khusus Deep Blue, sebuah komputer permainan
catur, mengalahkan Garry Kasparov dalam sebuah pertandingan 6 game yang
terkenal pada tahun 1997. DARPA menyatakan bahwa biaya yang disimpan melalui
penerapan metode AI untuk unit penjadwalan dalam Perang Teluk pertama telah
mengganti seluruh investasi dalam penelitian AI sejak tahun 1950 pada
pemerintah AS.Tantangan Hebat DARPA, yang dimulai pada 2004 dan berlanjut
hingga hari ini, adalah sebuah pacuan untuk hadiah $2 juta dimana kendaraan
dikemudikan sendiri tanpa komunikasi dengan manusia, menggunakan GPS, komputer
dan susunan sensor yang canggih, melintasi beberapa ratus mil daerah gurun yang
menantang
B.
Artificial Intelligence dengan kognisi manusia
Penelitian McCulloch
& Pitts analogis dengan komputer yang berfungsi berkat rangkaian sirkuit
biner yang menentukan hidup-matinya neuron tadi melihat hubungan sikap
logis neuron ketika berinteraksi dengan kinerja komputer digital. Von Neumann
sangatlah mungkin merancang komputer yang meniru otak manusia. Otak
komputer dianggap sebagai alat input, output, sekaligus lapisan
tersembunyi. Lapisan tersembunyi menanggapi neuron di dalam otak model ini
lebih mewakili otak manusia. W. Daniel Hillis mengembangkan ‘mesin
koneksi’, sebuah model proses paralel. Pada mesin koneksi Hillis, prosesor
tersedia untuk memecahkan sebuah masalah, memungkinkan masalah tsb
terbagi menjadi bagian-bagian kecil yang berproses secara berkesinambungan. Orang-orang
yang menganggap AI sebagai konsep intelektual yang korup & meyakini bahwa
orang yang yakin atas keberadaan mesin berpikir adalah pemuja yang
materialistis. Dikotomi John Searle (1980) membedakan AI yang ‘kuat’,
menunjukkan bahwa pemprograman yang sesuai dapat menciptakan ‘pikiran’ yang
mampu memahami; dan AI yang ‘lemah’, yang menekankan nilai-nilai heuristik
dalam pembelajaran kognisi manusia.
Jadi pada dasar nya
system dibuatnya Al adalah kognisi manusia , dimana system Al merupakan tiruan dari kognisi manusia yang
dibuat dalam system computer dimana cara bekerja system ini berpedoman pada
system kognisi manusia yaitu cara berfikir manusia, cara manusia bernalar,
mengenali suatu stimulus, memecahkan masalah, mengingat, dan mengambil
keputusan serta merespon dan bertindak , yang bertujuan untuk mempermudah
pekerjaan manusia itu sendiri.
C.
Al dengan system pakar
Sistem pakar adalah program komputer
yang menirukan seorang pakar dengan keahlian pada suatu wilayah pengetahuan
tertentu. Permasalahan yang di tanganin seorang pakar jelas bukan hanya
alogaritma, namun lebih dari itu seorang pakar biasanya menyelesaikan masalah
yang lebih rumit dan pemahamannya sulit utuk di pahami. Sistem pakar juga
demikian, bukan hanya berisi alogaritma namun juga pengetahuan dan
aturan.Sistem pakar biasanya sering digunakan dalam bidang ekonomi, kepentingan
bisnis, keungan, tegnologi dan kedokteran. Pada dasarnya sistem pakar di
terapkan untuk mendukung aktivitas pemecahan masalah. Ternyata banyak aktivitas
pemecahan masalah yang dilakuakn sistem pakar diantaranya decicion makning (pembuat
keputusan), knowledge fusing (pemaduan pengetahuan), designing (mendisain),
planning(perencanaan), forecasting (perakitan), regulating (pengaturan),controlling (pengendalian), diagnosing (mendiagnosa),prescribing(perumusan), explaining (penjelasan), adbvising
(pemberian nasihat),dan tutoring (pelatihan). Selain itu sistem
pakar juga bisa menjadi sistem seorang pakar (atau saingan).
ELIZA
ELIZA
diperkenalkan oleh Joseph Weizenbaum tahun 1966. ELIZA merupakan program
komputer dan sebuah contoh awal dari primitif pengolahan bahasa
alami . ELIZA dioperasikan oleh tanggapan pengolahan pengguna
untuk script, yang paling
terkenal yang DOKTER, simulasi dari psikoterapis
Rogerian . Menggunakan informasi hampir tidak ada tentang pemikiran
manusia atau emosi, DOKTER terkadang memberikan mengejutkan mirip manusia
interaksi.
PARRY
PARRY adalah sebuah contoh awal
dari sebuah chatterbot, oleh
psikiater Kenneth Colby. Parry Colby, Hilf, Webber dan Kraemer tahun
1972, mensimulasikan seorang pasien, dan menyebut program ini PARRY, karena ia
mesimulasikan seorang pasian paranoid. Mereka memilih seorang paranoid sebagai
subyek karena beberapa teori menyebutkan bahwa proses dan sistem paranoia
memanga ada, perbedaan respon psikotis dan respon normalnya cukup hebat, dan
mereka bisa menggunakan penilaian dari seorang ahli untuk mengecek keakuratan
dari kemampuan pemisahan antara respon simulasi komputer dan respon
manusia.
NETtalk
NETtalk adalah jaringan
saraf tiruan. Yang merupakan adalah hasil penelitian yang dilakukan pada
pertengahan 1980 oleh Terrence Sejnowski dan Charles
Rosenberg. Maksud di balik NETtalk adalah untuk membangun model sederhana
yang mungkin menjelaskan kompleksitas tugas-tugas belajar tingkat kognitif
manusia, dan pelaksanaannya sebagai model koneksionis yang juga bisa belajar
untuk melakukan tugas yang sebanding. NETtalk adalah sebuah program yang
belajar mengucapkan teks bahasa Inggris yang ditulis dengan menjadi teks yang
ditampilkan sebagai masukan dan pencocokan transkripsi fonetik untuk
perbandingan
Sumber
: http://akisay.blogspot.com/2012/10/apa-itu-artificial-intellingence.html
D. Penggunaan AI sebagai expert system yang dapat digunakan untuk
mendukung system pengambilan keputusan (diagnosa)
MYCIN merupakan program interaktif
yang melakukan diagnosis penyakit miningitis dan infeksi bacremia serta memberikan rekomendasi
terapi antimikrobia. MYCIN mampu memberikan penjelasan
atas penalarannya secara detail. Dalam uji coba, dia mampu menunjukkan
kemampuan seperti seorang spesialis. Meskipun MYCIN tidak pernah digunakan
secara rutin oleh dokter, MYCIN merupakan referensi yang bagus dalam
penelitian kecerdasan buatan yang lain. sistem pakar seperti MYCIN biasa digunakan
sebagai bahan pembanding dalam pengambilan solusi dan pemecahan masalah
.Keputusan terakhir atas pengobatan tersebut tetap menjadi tanggung jawab dokter.
Secara garis besar dapat dikatakan
bahwa AI adalah sebagai alat atau suatu sistem yang dibuat oleh manusia untuk
mempermudah pekerjaan manusia itu sendiri , namun walaupun demikian tetap
keputusan akhir ataupun tanggung jawab ada pada manusia itu sendiri.
Contoh
Kasus :
adalah
alat Tuner untuk menyetem gitar , Tuner gitar adalah alat yang
digunakan oleh musisi untuk mendeteksi dan menampilkan pitch saat alat
musik dimainkan. Tuner sederhana menggunakan lampu LED untuk menunjukkan pitch
yang dimainkan lebih rendah, lebih tinggi, atau kurang lebih sama dengan
standar yang diinginkan. Secara konvensional cara men tune gitar biasa
dilakukan dengan kepekaan telinga manusia terhadap nada - nada pada gitar, nah
hal ini di aplikasikan ke suatu alat digital dengan menggunakan system yang
sama yaitu kepekaan terhadap suara atu nada.
Contoh
tuner Digital :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar